Penelitian Kualitatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis Dan Metodenya

Penelitian Kualitatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis Dan Metodenya

thesrirachacookbook.com – Melakukan kegiatan penelitian tentu tidak terlepas dari metode dan cara statistika. Salah satu cara yang biasa digunakan dalam penelitian tersebut yakni penelitian yang bersifat kualitatif. Sebuah penelitian sendiri biasanya dilakukan oleh mahasiswa di suatu lembaga pendidikan tertentu yang sedang menjalani tahap akhir. Namun demikian, penelitian juga bisa dilakukan oleh ilmuwan, bidang pekerjaan tertentu seperti tenaga kesehatan, dan sebagainya.

Penelitian Kualitatif

Nah, apa yang dimaksud dengan penelitian kualitatif? Artikel ini akan membahas tentang pengertian, metode, dan jenis-jenis dari penelitian tersebut. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut Sugiyono (2005), sebuah penelitian dinamakan kualitatif jika penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, di mana peneliti adalah instrumen kuncinya sendiri. Penelitian ini berawal dari data, menggunakan teori yang sudah ada sebagai pendukung, dan akan mendapatkan hasil akhir sebuah teori baru.

Jenis dan Metode Penelitian

Setelah mengetahui pengertian dari penelitian kualitatif, kini Anda harus tahu juga apa saja jenis-jenis dan metode dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut :

Fenomenologi, yaitu jenis penelitian yang dimulai dengan menelaah fokus kasus atau fenomena yang akan diteliti, dengan melihat aspek subjektif dan objektifnya. Kemudian, peneliti akan melakukan penggalian data tentang bagaimana pemaknaan objek dalam memberikan arti terhadap fenomena yang diteliti tersebut. Penggalian data ini dilakukan dengan metode wawancara terhadap informan. Selain itu, dilakukan juga observasi langsung tentang bagaimana objek menginterpretasikan pengalamannya pada orang lain.

Etnografi. Penelitian kualitatif yang satu ini bertujuan untuk mengkaji fungsi bahasa dan bentuk yang ada dalam sebuah budaya, yang digunakan untuk berkomunikasi antar individu di dalamnya. Jenis yang satu ini berinterpretasi pada tatanan dalam suatu lingkup masyarakat, termasuk bagaimana sosial-komunikasi di dalamnya. Biasanya, cara ini digunakan untuk meneliti sebuah ritual atau budaya tertentu dalam masyarakat tersebut.

Studi kasus. Yang satu ini merupakan jenis dari penelitian yang bersifat kualitatif dan digunakan untuk meneliti suatu kasus atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, interaksi, serta keadaan yang terjadi. Studi kasus juga dilakukan pada suatu sistem yang bisa berwujud program, peristiwa, atau kegiatan dalam kondisi tertentu di masyarakat.


Metode teori dasar, yaitu metode dari penelitian kualitatif yang digunakan untuk menemukan sebuah teori baru atau menguatkan teori yang sudah ada. Metode ini akan mengkaji dasar dan kaidah secara mendalam dari teori tersebut. Kemudian akan disimpulkan kesimpulan dasar yang membentuk teori tersebut.

Pengumpulan data dari metode teori dasar adalah dengan cara studi lapangan, observasi, juga pembandingan antar kategori. Peneliti harus benar-benar bisa memilah mana fenomena  inti dan bukan yang dapat menjadi latar belakang terbentuknya sebuah teori tersebut.

Metode historis, adalah metode penelitian kualitatif yang fokus pada peristiwa yang sudah berlalu. Peneliti juga akan melakukan rekontruksi kejadian tersebut dengan menggunakan data yang ada atau saksi hidup yang terlibat di dalamnya. Sumber datanya bisa diperoleh melalui data sejarah, artefak, laporan verbal, juga saksi hidup yang dapat bertanggung jawab atas informasi tersebut.

Ciri khas dari metode yang satu ini adalah waktu, karena mengkaji sesuatu yang sudah berlalu. Fenomena di sini akan dilihat perkembangan dan pergeserannya dari waktu ke waktu.


Nah, itu dia pengertian, metode, juga jenis dari penelitian kualitatif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :